Thursday 11 September 2008

Traveling With Baby


Traveling With Baby

Bepergian dengan bayi jaman sekarang tidak serepot yang Anda bayangkan. Masa sekarang bepergian dengan mobil, kereta atau pesawat terbang bersama bayi sudah semakin mudah dan biasa dilakukan banyak orang. Jika Anda menikmati perjalanan ini, maka biasanya bayi atau anak-anakpun akan merasa nyaman. Jadi memperkenalkan kepada buah hati perjalanan sesegera mungkin akan membuat mereka terbiasa dengan suara kendaraan, lalu lalang manusia dan lamanya perjalanan. Nah, bagi Anda yang akan bepergian keluar kota membawa si kecil, tak perlu khawatir. Mungkin Anda berniat mudik membawa si kecil, berikut kiat-kiatnya agar semua berjalan lancar

Perjalanan dengan Mobil

Berkendara dengan membawa bayi, jika disertai beberapa orang dewasa lainnya sebaiknya Anda mengambil tempat di kursi belakang. Siapkan”carseat” yang sekaligus berfungsi sebagai boks dan dapat dipasang dalam mobil dengan sabuk pengaman khusus. Siapkan travel bag untuk semua kebutuhan si kecil disamping Anda agar mudah menjangkaunya. Jika perjalanan cukup jauh, Anda bisa meminta suami atau family yang menyetir untuk istirahat sejenak sambil membersihkan atau memberi makan si kecil. Perlengkapan yang perlu Anda bawa antara lain : bantal, selimut, lotion, tisu basah. Kenakan pakaian yang nyaman agar tidak menggganggu kenyamanan Anda bergerak saat mengurus si kecil dalam mobil. Pakai sepatu atau sandal yang nyaman. Anda juga perlu membawa CD music yang nyaman selama berkendara, bawa air minum dalam kemasan praktis, ziplock bag untuk pakaian bayi yang kotor dan kantung sampah, yang dapat dibuang saat Anda sudah tiba di tempat tujuan atau bisa diganti (jika sudah penuh) dan buang sampahnya di tempat pemberhentian di pom bensin, misalnya. Kuncinya Anda harus relaks dan nikmati perjalanan dengan keluarga. Pastikan ada kerabat yang ikut membantu Anda mendampingi si kecil jadi anda tidak terlalu lelah.

Perjalanan dengan pesawat

Pastikan pesawat yang Anda tumpangi memiliki fasilitas untuk membawa bayi. Jika tidak Anda harus siap untuk membawa “carseat” untuk bayi Anda. Jika perlu Anda kontak dulu pada dokter apakah memungkinkan membawa si kecil dengan pesawat. Gunakan “bagpack” untuk perlengkapan si kecil agar memudahkan Anda untuk membawanya. Bawa juga stroller, untuk memudahkan Anda membawa buah hati Anda.

Pihak penerbangan membolehkan Anda memangku si kecil sampai bayi berusia 3 tahun. Jika anda membayar tiket untuk anak berikut ini ada tips untuk Anda :

- Cari tahu kepastian tempat duduk Anda di sebelah mana. dengan begitu anda bisa menempatkan “carseat” untuk bayi Anda dan si kecil bisa duduk dengan nyaman di kursinya sendiri.

- Jangan ragu untuk minta bantuan pramugari/pramugara untuk menaruh tempat duduk si kecil, maupun untuk kepentingan si kecil lainnya.

- Boarding pada saat mendekati waktu terbang jadi tidak terlalu lama menunggu di bandara.

- Semua penerbangan biasanya memberikan potongan harga untuk satu kursi untuk anak dibawah usia 3 tahun, jadi anda tetap bisa membawa “carseat” dan menaruhnya di kursi sebelah tempat Anda duduk.

- Untuk mengurangi tekanan udara pada telinganya, susui bayi Anda saat pesawat baru terbang ataupun menjelang mendarat. Biasanya jika pesawat sudah stabil di atas, bayi sudah bisa Anda letakkan dalam “carseat”nya dan biarkan dia duduk dengan nyaman.

Kereta
Bawa stroller dan “carseat” untuk bayi Anda agar memudahkan Anda untuk membawanya ke dalam kereta dan mendudukkannya dalam kereta. Untuk perlengkapan si kecil, bawalah dalam “bagpack”. Jangan lupa bawa tissue basah, diapers, keperluan untuk makan dan minum dalam jumlah untuk sekali makan sehingga tidak terlalu banyak memenuhi “bagpack”. Selebihnya toh bisa Anda simpan dalam kopor. Tergantung berapa lama Anda akan bepergian dengan si kecil dan keluarga Anda. Pastikan membawa termos hangat agar memudahkan Anda saat member makan si kecil.

Nah, jika semua sudah siap….pastikan si kecil juga dalam keadaan sehat. Jika perlu bawa vitamin atau suplemen bagi anak yang lebih besar. Konsultasikan selalupada dokter keluarga Anda, sehingga Anda dan keluarga dapat menikmati perjalanan dengan menyenangkan.
Bon voyage!! by:ysm 9months/berbagai sumber

No comments: