Wednesday 10 September 2008

Baby Q & A Baby ku berat badannya kurang








Tanya.....
Dokter kiki MK Samsi, Sp.A, M.Kes



Tak ada permasalahan bayi dan anak yang tak bisa di jawab.

Dokter kiki MK Samsi, Sp.A, M.Kes akan menjawab pertanyaan Anda tentang seputar kesehatan bayi dan anak


T: Berat Badan bayi ku Kurang

Dokter, sebagai seorang ayah saya merasa khawatir dengan berat badan anak saya. Kenapa diusianya yang masuk 8 bulan, berat badan anak saya Raffa hanya mencapai 7 kilo-an. Padahal sejak lahir Raffa mendapatkan ASI eksklusif. Saya berencana memberinya multivitamin (supplement) untuk menaikkan berat badan. Namun sampai kini saya belum lakukan karena masih ragu. Apakah berat badan itu normal untuk anak seusia Raffa? Amankah bila Raffa saya berikan multivitamin untuk menambah gerat badan? Dan bagaimana cara yang tepat untuk menambah berat badannya?

bapak Ikram – Pulogadung


J: Bapak Ikram yang baik,

Pertumbuhan seorang anak dinilai dari berbagai faktor. Seorang anak dikatakan sehat dan tumbuh kembang dengan baik adalah bila anak dapat bermain dengan aktif, ceria, mampu makan dan minum sesuai kebutuhan, menunjukkan kemampuan motorik, berbahasa, dan sosial sesuai usia serta menunjukkan pertumbuhan berat badan yang sesuai.


Raffa lahir dengan berat badan 3,2 kg yang merupakan berat-badan normal kemudian tumbuh hingga mencapai 6 kg sewaktu 4 bulan, 7 kg sampai usia 7 bulan dan selanjutnya hanya beberapa ons. Bila pertumbuhan berat badan ini di plotkan pada kurva standar pertumbuhan maka akan sebagai berikut:


Tampak bahwa sejak lahir hingga usia 4 bulan Raffa memiliki berat badan yang sesuai dengan 50 persentil rata-rata anak normal dengan bentuk kenaikan berat badan yang linear selalu disekitar garis tengah. Namun setelah itu walaupun berat badan Raffa naik, tetapi pertumbuhannya mulai bergeser ke persentil yang lebih rendah bahkan kini bila usia 8 bulan dengan berat-badan 7 kiloan Raffa berada dibawah rata-rata berat badan normal.


Hal penting yang harus dicermati adalah penurunan kurva dalam 3-4 bulan terakhir karena bila tidak diatasi segera Raffa akan mengalami kekurangan gizi.


Apa saja yang harus diberikan untuk mengatasi berat-badan kurang ???

Kekurangan berat badan adalah salah satu petanda yang mudah dikenali oleh orang tua saat seorang anak mengalami kekurangan gizi. Kurang gizi sendiri sebenarnya mencakup dua hal yaitu kurangnya makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) dan kurangnya mikronutrien (mineral dan vitamin).


Berat-badan merupakan faktor yang dipengaruhi terutama oleh makronutrien sehingga kita harus memperbaiki asupan makronutrien dan bukan dengan mikronutrien saja (multivitamin). Artinya tidak salah bila bapak memberikan vitamin untuk menambah kadar vitamin Raffa tapi tidak akan berpengaruh pada nafsu makan dan peningkatan berat-badan, hal ini sudah dibuktikan dari penelitian tentang multivitamin.


Bila bapak ingin memberi vitamin sebaiknya dimulai dengan memberikan vitamin alami seperti buah dan sayuran. Sedangkan bila ingin memberi multivitamin sebaiknya bapak berkonsultasi dulu dengan dokter anak Raffa, karena pemberian obat multivitamin yang berlebihan justru dapat berakibat buruk bagi Raffa.


Untuk memperbaiki pertumbuhan berat badan kita harus mencari apa penyebabnya. Bisa karena asupan yang tidak sesuai (kualitas dan kuantitas), penyerapan dan pengolahan makanan dalam tubuh yang tidak optimal (malabsorbsi, gangguan hormon), atau pengeluaran energi yang berlebihan (hipertiroid, infeksi kronis sewpeti infeksi TBC). Maka mulailah dengan mengumpulankan data pengobatan selama ini dan membuat daftar makanan atau minuman yang didapat Raffa setiap waktunya selama minimal 3 hari.


Penting untuk dicatat jenis dan jumlah yang disediakan dan dan yang mampu Raffa habiskan. Semua data ini bisa bapak bawa ke dokter spesialis anak yang biasa menangani Raffa dan beliau akan memberikan solusi untuk membantu Raffa mencapai keadaan gizi optimal.

Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat dan Raffa bisa tumbuh-kembang optimal.

No comments: