Thursday 11 September 2008

Es krim menyuburkan rahim

Es krim menyuburkan rahim

Kehadiran anak dalam sebuah keluarga merupakan kebahagiaan yang tidak bisa diukur dengan materi. Sayangnya tidak semua pasangan yang mendapatkan dengan mudah. Salah satu cara untuk mendapatkan ’buah cinta’ bersama pasangan adalah dengan mengkonsumsi es krim.

Anda tidak perlu risau dengan tingginya kalori yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian di Harvard School of Public Health, Boston menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi es krim atau segelas susu berlemak setiap hari ternyata menyehatkan alat reproduksi karena dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya konsepsi dalam rahim. Itulah alasan mengapa wanita yang ingin hamil dianjurkan mengkonsusmsi es krim.

Penelitian yang dilakukan selama delapan tahun dan dipimpin oleh Dr Jorge Chavarr dilakukan oleh 18.555 wanita yang telah menikah, tidak memiliki riwayat infertilitas, dan sedang berusaha untuk hamil. Hasilnya, wanita yang hanya mengkonsumsi sekitar dua atau lebih porsi produk susu olahan rendah lemak memiliki resiko kurang subur atau kurang memiliki kesempatan untuk hamil sekitar 85% jika dibandingkan wanita yang rajin mengkonsumsi produk kaya lemak seperti es krim kaya susu hanya memiliki resiko 27% yang mengalami kegagalan kehamilan, seperti dilansir dari Associated Press.

Dari hasil studynya tersebut, Dr Jorge Chavarr yang memimpin studi tersebut. menasehati kaum wanita yang ingin memiliki momongan untuk kembali memikirkan. Jorge menyarankan mereka (wanita) yang kebelet menimang momongan dan sedang menjalani diet rendah susu mulai mengganti makanan rendah lemak seperti mengganti susu skim atau yoghurt rendah lemak dengan susu kaya lemak (whole milk). Palin tidak ata Jorge, wanita tidak disarankan untuk mengkonsumsi es krim tiga kali dalam sehari.

Kegemukan memang disebut-sebut salah satu hal yang membuat seorang wanita sulit hamil. Akan tetapi, terlalu ’anti’ dengan produk kaya dengan lemak juga tidak baik. Selain bisa menghambat ovulasi tetapi juga menyebabkan kemandulan. Hal ini disampaikan Dr Richard Fleming, dari Glasgow Centre for Human Reproduction, yang menyebutkan wanita yang melakukan diet rendah lemak harus berhati-hati dengan kemandulan dang melakukan diet rendah lemak, alangkah baiknya dihentikan.

itu justru berkaitan dengan non-ovulasi. “Namun akan lebih baik untuk memulai diet sehat dengan mengganti panganan dari olahan rendah lemak dan menggantinya dengan produk susu olahan kaya lemak sehari sekali,” jelasnya. Dr. Zev Rosenwaks, direktur Weill Cornell University and New York Presbyterian yang melayani masalah kesuburan juga menambahkan, “bukan berarti mengkonsumsi produk tinggi lemak itu melindungi kita, namun melakukan diet rendah lemak dan ‘mengharamkan’ produk kaya susu bukan sesuatu yang baik bagi kesehatan alat reproduksi kita,” paparnya.

Bersahabat Dengan Es Krim, Kenapa Tidak??
Benarkah tudingan banyak orang yang mengatakan bahwa es krim sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas? Sampai-sampai wanita hamil pun dilarang mengkonsumsi hidangan beku yang memiliki tekstur semi padat tersebut karena disinyalir dapat membuat bobot tubuh janin menjadi besar.

Fakta yang ada Justru sebaliknya. Bagaimana tidak, di balik dingin dan rasanya yang nikmat, ice cream dipercaya sebagai sumber kalsium bergizi tinggi karena berbahan dasar susu. Memang, jika dikonsumsi dengan tepat, ice cream berkontribusi tinggi terhadap kesehatan juga bisa menjadi sahabat wanita hamil pada masa awal kehamilan. Sebab pada masa itu, wanita hamil kerap merasa mual lantaran moorning sicness. Alhasil, ice cream menjadi pilihan tepat sebagai pengganti nasi karena banyak mengandung lemak atau susu karena kandungan kalsium susunya cukup tinggi untuk sumber energi.

Pada usia kehamilan selanjutnya, ice cream juga memberi banyak keuntungan karena berkhasiat meningkatkan berat badan janin dengan berat badan rendah. Untuk itu, agar semua manfaat tadi, pilihlah ice cream yang memang terjamin kualitasnya. Sebab, mutu es krim sendiri ditentukan oleh bahan bakunya yang bermutu tinggi serta proses pembuatannya yang higienis.

Meski baik untuk kesehatan, wanita hamil tidak bisa seenaknya mengkonsusmsi es kriem. Karena biar bagaimana pun segala sesuatu yang berlebih tidak akan baik hasilnya. Jumlah konsumsi es krim yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah dua hingga tiga cangkir setiap minggu.Komposisi gizi per 100 gram es krim yang biasa kita konsumsi adalah energi (207 kkal), protein (4,0 g), dan lemak (12,5 g). By: ZOEL 9months

2 comments:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kesehatan terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

namaku wendy said...

jadi biar gak terlalu berlebih untuk wanita yg belum hamil sebaiknya mengkonsumsi es kri brapa banyak kah?