Tuesday 9 March 2010

Atasi Sakit Kontraksi dengan Akupresur



Atasi Sakit Kontraksi dengan Akupresur

Menekan titik tertentu dapat dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan selama hamil dan saat kontraksi datang. Acupressure seperti halnya akupunktur merupakan terapi yang menekankan titik-titik tertentu pada tubuh yang diyakini dapat mengatasi rasa tak nyaman selama hamil maupun saat mengalami kontraksi menjelang persalinan. Saat hamil pun, akupresur bisa mengusir morning sickness yang melanda. Sedangkan pada kondisi menjelang persalinan, akupresur selain untuk meringankan rasa sakitnya juga untuk meningkatkan intensitas kontraksi itu sendiri.

Akupresur merupakan bagian kecil dari akupunktur yang sangat membantu ibu hamil. Pada saat proses persalinan, akupresur memberikan rasa nyaman selama proses persalinan atau relaksasi. Pada sebagian orang, akupresur ini juga dikenal banyak digunakan untuk merangsang kontraksi atau mendorong kemajuan kontraksi agar pembukaan lebih cepat terjadi dengan mulus dan ibu merasa nyaman saat proses persalinan itu berjalan.

Cara kerja akupresur ini sendiri cukup mudah dan sederhana karena Anda tidak memerlukan bantuan jarum akupunktur. Cukup dengan menekan pada titik titik tertentu sesuai dengan tujuan untuk apa akupresur dilakukan. Bahkan Anda pun bisa mempelajarinya sendiri, di samping meminta bantuan pada ahlinya.

Akupresur untuk meningkatkan intensitas kontraksi disebut dengan istilah Spleen 6 dan Hoku atau Usus Besar 4. Spleen 6 dapat ditemukan empat jari lebarnya di atas tulang pergelangan kaki. Tekan selama satu menit, kanan bergantian dengan kiri. Atau bersamaan secara simultan.
Hoku atau LI4 adanya di jaringan antara jempol dan jari telunjuk. Tekan perlahan secara bersamaan kiri dan kanan. Titik ini sangat dikenal banyak orang dan sangat efektif untuk menghilangkan sakit kepala.

Lanjutkan menekan titik-titik ini dengan berhenti sejenak dan hentikan jika kekuatan kontraksi sudah meningkat.

Titik-titik ini akan makin efektif jika dipadukan dengan tehnik untuk meningkatkan kontraksi seperti mengelus pusar pasien, atau diselingi dengan mengubah posisi dan berjalan-jalan.
Titik akupresur ini akan bekerja sangat efektif jika air ketuban sudah pecah sementara itu kontraksi belum juga mengalami kemajuan. Jangan menggunakan titik-titik ini jika waktu persalinan sudah lewat waktu. Karena tujuan akupresur ini lebih ditujukan untuk merangsang kontraksi lebih cepat dan mengurangi rasa sakit saat kontraksi berlangsung.

Akupresur untuk meringankan sakit saat kontraksi :

Dua titik pada tangan dan pergelangan kaki bisa meringankan sakit kontraksi. Selain itu, Anda juga dapat mencoba satu titik pada bahu Anda yang disebut Gallbladder 21. Anda dapat menempatkan GB 21 dengan cara menekan ibu jari pada bahu Anda dekat ke arah leher, satu-dua inchi agak ke bawah leher. Dua titik ini sangat mudah dilakukan. Jangan ragu meminta tolong suami untuk melakukannya.

Ada beberapa titik sacral dikenal dengan istilah Bladder 27-34 pada tulang punggung bagian bawah yangjuga sangat efektif untuk mengatasi sakit saat kontraksi termasuk saat terasa sakit kontraksi ini merambat sampai ke bagian pinggang bagian bawah menuju ke arah paha. Nah, untuk mengurangi rasa sakit itu, suami atau bidan yang mendampingi Anda bisa mengelus dan sedikit menekan di dekat tulang ekor untuk merangsang titik akupresur. Jika kesulitan menemukan titik akupresur ini bisa dilakukan dengan memakai bola tennis atau kepalan tangan merangsang daerah tulang punggung bagian bawah ini.
Apakah tekanan sudah tepat?

Saat ditekan pada titik yang tepat, seringkali terasa lebih empuk (lembut) saat disentuh. Bahkan terasa sangat sensitive jika disentuh. Itu berarti titik akupunktur atau titik akupresur yang dimaksud sudah tepat. Masih kurang yakin? Jangan ragu minta bantuan pada ahlinya agar Anda merasakan manfaatnya yang maksimal.

No comments: