Thursday 8 October 2009

Ibu hamil perlu mewaspadai bahan-bahan kimia


Ibu hamil perlu mewaspadai bahan-bahan kimia

Yang mungkin bisa membahayakan perkembangan dan kesehatan janin yang dikandung. Bahan kimia yang dimaksud bisa berasal dari berbagai bentuk yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Misalnya jika Anda suka tanaman, hindarilah menyemprot sendiri tanaman dengan herbisida. Gunakan sarungtangan saat ingin merawat tanaman.

Ibu hamil juga perlu berhati-hati dalam pemakaian karbol saat membersihkan lantai rumah tau kamar mandi, demikian juga dengan cairan pembersih kaca, pembersih mobil , cat tembok ataupun pembasmi serangga.

Dalam sebuah penelitian di Kanada baru-baru ini, calon ibu yang sedang hamil trimester pertama dan terpapar bahan kimia, 13 kali lipat bayinya terancam menderita spina bifida, cacat pendengaran, cacat penglihatan atau jenis kecacatan lainnya.

Wanita yang berpotensi terpapar bahan kimia berbahaya bagi kesehatan janin : pekerja pabrik, tehnisi yang bekerja di laboratorium dan banyak berkaitan dengan bahan-bahan kimia, artis pelukis, desainer grafis yang banyak bermain dengan tintaserta mereka yang bekerja di bidang percetakan. 9months ysm

No comments: