Friday 27 March 2009

MAKANAN YANG MELANCARKAN ASI



MAKANAN YANG MELANCARKAN ASI


Setiap Ibu mestinya mendambakan dapat memberikan ASI eksklusif untuk buah hati yang didambakan, bukan. Nah, sayangnya tak semua wanita beruntung dianugerahi air susu yang lancar. Belum sampai sebulan sudah “habis”. Duh sedihnya. Bagaimana ya agar bisa menyiasati lancar ASI. Ikhtiar kan penting, daripada terburu-buru memilih susu formula. Nah ada baiknya mencoba dulu alternative dari resep tradisional yang biasa dilakukan orangtua kita dahulu, khususnya untuk memperlancar dan memperbanyak jumlah ASI.

Menurut literature yang saya baca dan sudah dibuktikan saat memberikan ASI untuk ke-3 anak-anak saya, ternyata daun Katuk (Sauropus androgynus L.Merr.) memang amat ampuh. Tanaman ini mudah tumbuh di halaman dan biasa ditanam sebagai pagar hidup. Jika punya lahan sempit, Anda bisa menanamnya didalam pot.

Cara menggunakannya cukup mudah, dibuat sayur bening bersama jagung manis, atau dicampur dengan potongan wortel. Wah dijamin ASI bakal lancar. Mengandung apa saja ? Dari hasil penelitian, terbukti daun katuk mengandung protein, lemak, kalium, fosfor, zat besi, vit A, B1 dan C yang lengkap. Kandungan nutrisi inilah yang membuat daun katuk efektif melancarkan ASI yang berperan mencukupi asupan nutrisi ibu menyusui. Tanaman ini daunnya bersifat dingin dan manis yang mengandung flavonoid, saponin dan tannin. Kandungan tersebut juga membuat daun katuk dipakai sebagai obat antidemam, peluruh kencing serta membersihkan darah, sehingga amat baik dipakai oleh ibu pasca melahirkan .

Selain daun katuk, cara tradisional lain adalah dengan meminum rebusan daun Nangka (artocarpus integra Merr). Buahnya yang harum sering dipakai sebagai campuran es teller. Namun yang berkhasiat untuk memperbanyak ASI justru terletak pada daunnya yang masih muda. Pucuk daun nangka mengandung saponin, flavonoida dan tannin. Cara pemakaiannya, 25 gr pucuk nangka segar, cuci bersih, kemudian direbus dengan menambahkan 2 gelas air rebus selama 20 menit. Hasilnya dibagi dua untuk diminum pagi dan sore. Diminum dalam dua bulan pertama pascapersalinan.

Daun lain yang juga dianggap berkhasiat adalah Bayam Duri. Tanaman perdu ini banyak tumbuh liar banyak duri dibatangnya, jadi harus berhati-hati saat mengambilnya. Bayam duri selain untuk melancarkan ASI juga berkhasiat memperlancar aliran pembuluh darah yang tersumbat. Ambil daunnya yang masih muda dan disayur bening. Kemudian cara lain yang juga dianggap ampuh adalah ambil sebatang utuh tanaman bayam duri, cuci bersih. Kemudian tumbuk sampai halus. Selanjutnya diborehkan di sekeliling payudara. Dapat Anda lakukan beberapa minggu sebelum masa proses persalinan dan dilanjutkan setelah Anda melahirkan. Begitu juga dengan menyantap sayur bening bayam duri sebaiknya Anda lakukan selama Anda masa menyusui bayi.

Cara lain untuk tetap melancarkan ASI adalah sesering mungkin menyusukan bayi pada payudara kanan dan kiri secara bergantian dan lakukan secara teratur. Jika perlu setiap 2-3 jam sekali. Kalaupun bayi Anda masih tampak kekenyangan, sebaiknya Anda memompanya. Harap diketahui gudang ASI akan semakin lancar produksinya jika sering diperah atau dihisap si kecil, karena kelenjar ASI didalam payudara akan lebih terangsang untuk terus memproduksi ASI.

Sejak usia kandungan 7 bulan, sebaiknya Anda sudah rajin melakukan pijat payudara dengan menggunakan baby lotion. Nah sesaat setelah melahirkan, cobalah banyak mengkonsumsi susu dan sayur bening dari daun katuk dan bergantian dengan daun bayam duri. Jadi dalam dua bulan pertama pasca melahirkan diusahakan menu makan siang dan malam selalu menyertakan sayur bening katuk dan daun bayam duri secara bergantian. Sebagai makanan selingan Anda juga bisa menambahkan bubur kacanghijau, talam labu parang dan ubi jalar secara bergantian. Menurut jurnal Media Litbang Kesehatan volume XIV No.3/2004 pada prinsipnya semua sayuran yang berwarna hijau tua dapat melancarkan ASI : daun papaya, daun singkong, daun kacangpanjang, daun bayam.
Namun pada intinya adalah pasca melahirkan Anda harus mempertahankan menyantap makanan full gizi dan minum cukup air putih. Dijamin ASI lancar dan bayipun tercukupi masa menyusui secara eksklusif.

Dari pengalaman pribadi mungkin tips ini juga bisa Anda lakukan :
•Banyak makan sayur-sayuran hijau, dan buah-buahan masak pohon.
•Cukup minum susu dan minum air putih
•Nasi boleh dikurangi tapi asupan protein sebaiknya tetap banyak dikonsumsi
•Cukup istirahat dan jangan stress. Sebab stress ikut mempengaruhi kelancaran ASI lho.
•Agar ASI lancar, lakukan relaksasi pagi hari. Caranya? Setelah mandi dan sarapan, jalan-jalan sambil menggendong si kecil di seputar rumah, setidaknya sambil menikmati cahaya pagi yang menyehatkan membuat Anda berdua bisa menikmati pagi yang cerah dengan tenang. 9months ysm/berbagai sumber

2 comments:

syifa said...

info yg amat sangat berguna,bentar lagi saya mau lahiran nih..

kerudung cantik said...

thx infonya.. ternyata bayam duri ada manfaat juga buat ASI..