Sunday, 22 February 2009

Olahraga Berlebihan Menghambat Kehamilan

Olahraga Berlebihan Menghambat Kehamilan

Sejatinya, olahraga memang banyak memberikan manfaat bagi kebugaran juga kesehatan fisik seseorang. Tapi anggapan itu tidak akan berlaku lagi justru menjadi bumerang jika dilakukan secara berlebihan. Menjadi bumerang karena olahraga yang belebihan bisa menyebabkan seorang wanita menjadi sulit hamil karena mengganggu siklus haid berupa pemendekan siklus luteal dan amanorhea sekunder. Meski perihal mekanisme mengapa olahraga berlebihan membuat wanita suli hamil belum jelas, namun diduga disebabkan oleh penurunan produksi gonadotropin, peningkatan produksi endofrin dan kortisol

3 comments:

Anonymous said...

jenis olahraga apa aja yah yg tidak bikin ibu hamil kecapekan.

RUMAH BARANG said...

aku suka lari 15 menit 1 km per hari termasuk over nggk si? thks infonya

9months said...

@ anonimous : olahraga low impact, yang tidak menimbulkan benturan keras, berjalankaki, senam khusus untuk ibu hamil, Pilates dan Yoga untuk kehamilan, termasuk berenang dan jogging. Yang penting kehamilan Anda termasuk yang tidak bermasalah. Pastikan pula saat akan berolahraga, Anda sudah berkonsultasi ke dokter.

@ Rumah Barang : Buat yang kehamilannya tidak bermasalah, mestinya tidak apa-apa. Karena tujuan olahraga kan untuk menjaga stamina dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Itulah sebabnya, selalulah rajin konsultasi kesehatan pada dokter yang selama ini memeriksa kehamilan Anda.