Thursday, 5 February 2009

Lima Tanda Mau Melahirkan



Lima
Tanda Mau Melahirkan


Salahsatu pertanyaan yang paling bikin ibu hamil penasaran adalah…kapan yaa saya melahirkan? Simak yu bu…apa saja sih indikasi paling menonjol yang menandai akan segera melahirkan...

Tanda bercak darah: Bercak darah merah muda, atau agak kecoklatan atau seperti selaput warna merah ketika anda sedang berkemih atau waktu mau ganti celana dalam ternyata ada tanda-tanda itu. Tanda-tanda ini menandai servik mulai menujukkan perubahan dengan cara menipis atau mendorong kebawah untuk persiapan melahirkan. Jangan panic dulu ya bu! Karena tanda ini juga suka muncul saat ibu baru selesai berhubungan intim di trimester ketiga kehamilan. Apakah ini sudah saatnya melahirkan? Waktunya memang sudah semakin dekat bukan alam hitungan minggu namun sudah berubah kira-kira beberapa jam ke depan.

Lendir yang agak bergumpal: serviks sebenarnya “disumbat” oleh segumpal lendir tebal yang melindungi bayi anda selama masa kehamilan dengan cara membloking sesuatu masuk ke uterus. Saat serviks berubah dan semakin menipis, bagian dari blok lendir itu Bloody show is a pink, brown or red tinged mucous that can be found when wiping while gsedikit demi sedikit dilepas. Berapa banyak yang anda lihat tergantung pada seberapa cepatnya perubahan ini terjadi. Anda mungkin hanya memperhatikan peningkatan perubahan ini atau sebaliknya anda melihat blok lender ini keluar dalam jumlah yang agak banyak saat anda sedang berjalan ke kamar kecil. Apakah ini juga tanda akan melahirkan. Ya…kemungkinan dalam beberapa jam ke depan anda akan melahirkan.

Ingin buang air besar: Buang air besar adalah cara alamiah dari tubuh anda saat akan melahirkan. Ini juga sekaligus membantu membersihkan perut anda sekaligus member tempat lebih leluasa bagi bayi untuk lahir dengan cepat melalui vagina. (ingat ya bu…vagina dan rectum hanya terpisah beberapa sentimeter saja). Apakah ini saatnya untuk melahirkan?...ya..bu beberapa jam ke depan ibu sudah akan melahirkan.

Kontraksi :
kontraksi membantu servik untuk semakin menipis dan melunak sehingga mempermudah jalan lahir bagi bayi anda. Banyak wanita yang mengalami kontraksi justru saat-saat sudah amat dekat waktu proses kelahiran. Perbedaan antara kontraksi melahirkan dan kontraksi sebelum proses melahirkan adalah dari durasinya yang lebih lama, frekuensinya, kekuatannya dan intensitas dari kontraksi saat proses kelahiran. Kontraksi pada saat kelahiran tekanannya lebih kuat, lebih panjang dan waktunya pendek-pendek.

Sakit punggung : tiba-tiba nyeri di punggung semakin sering dan tak tertahankan. Tapi tiba-tiba hilang lagi. Begitu terus berulang-ulang. Biasanya ini menjadi tanda kontraksi yang sebenarnya namun anda merasakannya sebagai sakit punggung. Jika sakit di punggung ini terus-terusan dan semakin sering maka anda sudah memasuki proses melahirkan karena posisi bayi biasanya sudah pada tempat yang tepat untuk segera lahir…nah..bu siap-siap ya..sebentar lagi dia hadir ke dunia…. by: ysm 9months

1 comment:

loly said...

jadi inget waktu lahirin anak..betul2 menakjubkan..jadi seorang ibu ya mbak..