Monday, 24 November 2008

Terapi Herbal, Sayuran dan Buah Mendongkrak Kesuburan Wanita

Terapi Herbal, Sayuran dan Buah Mendongkrak Kesuburan Wanita

Setahun atau dua tahun setelah nikah belum juga diberi momongan mungkin masih belum meresahkan. Namun bagi yang sudah bertahun-tahun,bisa jadi berbagai anjuran bertubi-tubi datang kepada anda dan pasangan. Selain periksa kesehatan ke dokter, biasanya ada juga yang memilih pengobatan alternative. Belakangan ini terapi herbal untuk mendongkrak kesuburan semakin mudah didapat. Berikut adalah beberapa jenis tanaman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan khususnya bagi wanita. Terapi herbal dari sayur dan buah bisa dibilang tak ada efek samping. Sekaligus menyehatkan dan membuat kulit anda makin mulus.

Pegagan (Centella asiatica, (Linn), Urb.)


Biasa juga disebut antanan (sunda) dan ditambahkan untuk bahan asinan sayuran.

KANDUNGAN KIMIA : Asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral.

Zat madecassosside mampu merangsang produksi kolagen dalam tubuh serta regenerasi sel telur (ovum) pada perempuan dan sel sperma laki-laki. Tak hanya itu, tanaman ini juga mengandung karoten yang berperan tak hanya sebagai antioksidan tapi juga menjaga mutu sperma dan sel telur. Caranya dengan melindungi dinding sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral mineral seperti kalium, natrium, kalsium, besi dan fosfor dalam pegagan juga penting bagi kesehatan tubuh. Sertakan daun segar ini dalam menu harian sebagai lalapan untuk mendapat hasil maksimal.


Kemangi


Kemangi juga dikenal sebagai sayuran yang dapat dimakan segar sebagai lalapan. Tak hanya membantu menghilangkan bau badan dan bau mulut. Kandungan arginine yang ada didalamnya ternyata dapat berfungsi untuk memperkuat daya tahan hidup sperma. Sperma yang memiliki daya tahan hidup bagus sangat diperlukan untuk proses pembuahan sel telur. Sedangkan kandungan boron dalam tanaman ini berperan untuk merangsang hormon estrogen yang sangat berperan dalam sistem reproduksi perempuan.


Tauge atau kecambah


Kacanghijau yang dibuat menjadi kecambah jau lebih berkhasiat untuk kesuburan dibandingkan anda mengkonsumsinya sebagai bubur atau sup kacang hijau. Kandungan Vit E didalam kecambah akan mendongkrak kesuburan anda.


Bayam merah (amaranthus tricolor)


Bayam jenis ini kaya kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A, B dan C). Bagian tanaman yang digunakan adalah daun dan akar. Jika berat badan kurang, biasanya kesuburan juga ikut terganggu. Nah daun bayam ini bisa jadi andalan juga lho, terutama yang daunnya berwarna merah

Daun bayam merah digunakan untuk pengobatan berkhasiat membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut, tekanan darah rendah dan kurang darah (anemia).

Alpokat (Persea gratissima Gaertn.)

Buah alpokat yang dimakan teratur sebagai campuran dalam salad buah (dipotong-potong) atau dijadikan minuman dapat mengembalikan daur haid anda yang kurang teratur datangnya. Bisa jadi anda sulit mengetahui masa subur akibat menstruasi yang tidak teratur itu kan?.

Buah dan daun alpokat mengandung tannin, saponin, alkaloid, flavonoida polifenol.


Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.)


Cabe jawa merupakan tumbuhan asli Indonesia, ditanam di pekarangan, ladang, atau tumbuh liar di tempat-tempat yang tanahnya dak lembap dan berpasir. Banyak dipakai dalam ramuan jamu tradisional untuk menguatkan dan menyuburkan rahim. Buah rasanya pedas dan panas, masuk meridian limpa dan lambung. Akar cabe jawa pedas dan hangat rasanya.


Buni (Antidesma bunius (L.) Spreng.)


Buah Buni jika di kota besar termasuk langka, tapi biasanya di tukang rujak sering dijadikan sebagai campuran bumbu rujak Daunnya oleh pembuat jamu disebut mojar, biasa dipakai untuk campuran ramuan jamu kesehatan.

Daun muda rasanya sedikit asam, dapat disayur atau dimakan mentah sebagai lalab. Buah muda dirujak dengan buah lain, sedang yang masak dapat dimakan langsung, diekstrak dengan brandi, dibuat selai atau sirop. Khasiat yang diperoleh dari tanaman ini antara lain :dapat mengobati : kurang darah, darah kotor, antihipertensi, jantung berdebar, batuk dan gangguan pencernaan.


Jintan Putih (Cuminum cyminum, Linn.)


Jintan putih (cuminum cyminum) dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan untuk memasak. Disamping itu, biji jintan putih juga digunakan sebagai pelengkap ramuan obat-obatan tradisional. Biji jintan putih memiliki aroma yang harum dan menarik. Sakit Jantung, haid tidak lancar, Sulit tidur, Jamu putri


Som Jawa(Talinum paniculatum (jacq.) Gaertn.)


Som jawa ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat, kadang ditemukan tumbuh liar. Akar bersifat manis dan netral yang berkhasiat menguatkan paru, tonikum, dan afrodisiak. Sedangkan daunnya berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Akarnya berkhasiat pula untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur, keputihan, dan meningkatkan produksi ASI.

By: Ysm 9months (sumber dari ipteknet)

3 comments:

obat alternative said...

Terima kasih atas infonya..
Sangat bermanfaat...

9months said...

@ obat alternative : terimakasih dengan kunjungan Anda

Anonymous said...

KEREN BANGEEEEEEEEETTT................!!!!!!!!!


THANKS BANGET YA INFO NYA.........

SAYA MAU COBA AAHHH..... :) THANKS YA.....